51 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS

Setiap pemilik situs web atau blogger PASTI menginginkan lebih banyak trafik ke situs web atau blog mereka. Akan tetapi sampai sekarang bagaimana cara meningkatkan traffic pengunjung blog masih tidak jelas.

Cara Agar Blog Banyak Pengunjung


Artinya masih menjadi sebuah perdebatan bagaimana cara mendapatkan lebih banyak trafik di blog atau situs web kita tanpa harus menggunakan Google Adwords atau layanan iklan berbayar lainnya.
 Setiap pemilik situs web atau blogger PASTI menginginkan lebih banyak trafik ke situs web 51 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS

Teknik dasar SEO bagi pemula sudah banyak dan sering kali kita temui dihasil pencarian google jika kita menggunakan kata kunci "cara meningkatkan trafik organik".

SEO atau Search Engine Optimization masihlah merupakan sebuah ketidak pastian, terkadang tanpa optimasi SEO postingan/ artikel blog kita bisa mendapatkan rangking terbaik di google search engine. 

Sebaliknya juga begitu, terkadang kita telah melakukan dan mempraktekkan segala cara yang diajarkan di situs-situs yang membahas tentang teknik dasar SEO bagi pemula di internet, namun tidak juga berhasil untuk meningkatkan rangking artikel/ blogposting kita di google search engine.

51 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS


 Setiap pemilik situs web atau blogger PASTI menginginkan lebih banyak trafik ke situs web 51 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS

Karena itu, saya pribadi lebih menomor duakan SEO, artinya saya tidak mengenyampingkan SEO, namun lebih menomor duakannya. SEO itu pada dasarnya adalah bagaimana blog posting atau artikel kita dibaca oleh search engine, atau dengan kata lain dibaca oleh "mesin".

Karena itu, alangkah lebih baiknya jika kita membuat artikel kita lebih disukai dan dibaca orang/ manusia, bukan mesin. Dengan kata lain, alangkah lebih baiknya jika kita mengutamakan bagaimana artikel atau blog posting kita menjadi lebih disukai untuk dibaca bagi Human atau Manusia.

Jadi, jika artikel blog posting kita telah menarik, informatif, dan berguna bagi pembaca (orang) maka dengan sendirinya artikel blog posting tersebut akan disukai juga oleh robot google/ mesin.

Nah, untuk itu setelah dirasa kita membuat sebuah artikel yang menarik, informatif dan berguna bagi pembaca (orang), selanjutnya kita melakukan langkah-langkah SEO yang telah banyak diajarkan di internet. 

Agar postingan artikel blog kita lebih mudah lagi dirangking yang pada akhirnya akan mendapatkan banyak trafik pengunjung kedalam situs web atau blog kita. 

Yang artinya semakin banyak pengunjung ke blog kita, maka semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Penghasilan berbanding lurus dengan pengunjung blog.

Di sini ada setidaknya 51 tips dan trik tentang cara mendapatkan lebih banyak trafik ke situs web atau blog secara GRATIS, dan semoga dapat membantu Anda.

1. Riset Kata Kunci - Keyword. Untuk berhasil dalam menerapkan SEO dimulai dari strategi, dan Strategi SEO Dasar dengan meneliti kata kunci atau dengan kata lain melakukan riset keyword

Pengguna internet melakukan pencarian informasi yang mereka butuhkan selalu dimulai dengan kata-kata yang diketik ke dalam kotak pencarian search engine, misalnya google search engine. 

Untuk itu sangat penting bagi seorang blogger untuk mengetahui apa yang dicari pengguna internet (user) dan kata-kata yang mereka masukkan kedalam kotak pencarian di search engine semacam google search engine. 

Jika seorang blogger tidak tahu apa yang dicari orang atau pengguna internet, maka dia tidak dapat memberikan informasi yang diinginkan pengguna. Sehingga kita juga tidak akan mendapatkan pengunjung/ trafik yang kita inginkan.

Mendapatkan trafik kedalam situs web/ blog kita bukan sekedar hanya mendapatkan trafik saja, namun lebih kepada mendapatkan trafik yang tepat dan sesuai dengan niche blog yang kita angkat. 

Meneliti kata kunci sama halnya seperti kita membaca apa yang ada dipikiran audiens dan pelanggan blog kita. Melakukan riset keyword, berarti kita juga belajar tentang bagaimana audiens dan pelanggan kita sebenarnya. 

Memahami perilaku audiens serta memprediksi kearah mana perkembangan dari sebuah permintaan atau trend yang sedang berlangsung dikalangan pemirsa blog.

2. Gunakan Pengoptimalan Search Engine (SEO). Untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Dari banyak teknik dasar SEO yang ada, yang paling utama yang kita butuhkan adalah backlink. 

Hal ini memang masih menjadi perdebatan, namun jika dipikirkan secara logis, sebuah situs web atau blog yang mendapatkan backlink secara relevan, alami dan natural tentu saja mengidentifikasikan bahwa blog atau situs web tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi pembaca (orang). 

Karena itu tautan balik atau backlink sangat diperlukan dan masih menjadi sinyal kuat dalam merangking blog kita agar dapat berada dihalaman pertama search engine. 

Teruslah membaca artikel ini untuk mendapatkan beberapa kiat-kiat menarik dalam mendapatkan backlink atau tautan balik tersebut. 

3. Jawab pertanyaan di forum yang terkait dengan bidang atau niche blog Anda. Cobalah untuk memberikan tautan kembali ke materi yang relevan di situs web atau blog Anda. 

Untuk menemukan forum terkait atau se-niche dengan situs web atau blog Anda gunakan kata kunci "keyword" niche blog dan forum di Google Search Engine.

4. Jawab pertanyaan di Quora. Buat halaman profil pribadi anda secara gratis di Quora, dan letakkan tautan blog atau situs web Anda di sana. 

Posting jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan blog Anda dan tambahkan tautan kembali ke situs web atau blog yang Anda miliki. 

Namun perlu diingat, dalam menjawab dan menambahkan tautan blog Anda sendiri harus relevan dengan pertanyaan yang akan anda jawab tersebut.

5. Buat profil Twitter dan tambahkan tautan kembali (backlink) ke situs web atau blog Anda.

6. Ulangi cara di atas di akun Facebook Anda, tetapi di sini perlu untuk dibuat halaman bisnis serta tambahkan tautan blog atau situs web anda di halaman bisnis facebook tersebut. Serta pastikan untuk sepenuhnya mengisi profil Anda.

7. Tambahkan tautan ke info kontak Anda di profil LinkedIn pribadi Anda. Tambahkan juga tautan di bagian deskripsi posisi Anda saat ini.

8. Buat halaman bisnis di LinkedIn. Jangan lupa untuk mengisi semua informasi termasuk tautan ke situs bisnis. Juga buat halaman Produk / Layanan untuk bisnis dengan lebih banyak tautan ke situs web Anda.

9. Buat profil dan channel YouTube. Dalam deskripsi video Anda, tambahkan tautan kembali ke situs web Anda. Juga tambahkan tautan di video itu sendiri.

10. Buat akun Pinterest. Pastikan untuk menambahkan tautan kembali ke situs web Anda di profil Anda.

11. Buat akun Instagram dan tambahkan tautan situs web atau blog di profil Anda.

12. Buat posting blog atau artikel yang panjang. Kemudian posting artikel tersebut ke akun media sosial Anda seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dll. 

Jangan hanya posting sekali saja. Gunakan alat bantu seperti Hootsuite untuk menjadwalkan posting blog pada beberapa hari dan pada waktu ketika pengguna media sosial dijaringan Anda paling aktif.

13. Lakukan posting tamu di situs lain (quest posting). Pastikan bahwa Anda tidak perlu menambahkan tautan kembali ke situs web Anda. 

Karena quest posting kemungkinan akan tetap mendapatkan nama Anda di depan audiens baru yang akan mencari Anda di Google jika posting blog Anda bagus.

Anda bisa bergabung di grup-grup facebook yang khusus memberikan informasi tentang situs web atau blog yang menerima blog quest posting.

14. Ngeblog di situs komunitas blog. Bahkan ada beberapa situs seperti misalnya Web Designer Depot yang akan membayar Anda untuk posting blog yang Anda buat.

15. Masukkan bisnis Anda di direktori direktori publik seperti Yellow Pages dan Hotfrog. Ada lebih banyak direktori yang akan mencantumkan situs web Anda. Cukup gunakan Google search engine untuk menemukannya.

16. Gunakan Groupon untuk membuat penawaran kupon untuk diskon pada produk Anda atau layanan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda (dengan asumsi bahwa menjual sesuatu).

17. Gunakan Ebay dan Amazon untuk menjual produk Anda. Kemudian dalam wadah pengiriman, tambahkan selebaran dengan situs web Anda yang tercantum di dalamnya. 

Atau bahkan jika perlu, anda dapat memberikan kupon untuk digunakan di situs web atau blog Anda.

18. Di Hotfrog, Anda dapat membuat kupon untuk bisnis Anda sendiri. Manfaatkan tawaran itu karena gratis dan dapat menarik bisnis baru.

19. Ingat! Selalu.. selalu.. tambahkan situs web atau blog Anda dalam tanda tangan (signature) email dan buletin Anda. Tidak ada yang dapat mendorong penjualan secara lebih baik daripada pelanggan setia dan tetap Anda.

20. Buat e-book dengan tautan ke situs web Anda di dalamnya dan Amazon akan membiarkan Anda memberikannya secara gratis untuk waktu yang terbatas. 

Juga tambahkan ke Lender’s Library program di Amazon. Taruh harga rendah di atasnya seperti $ 0,99 sehingga orang cenderung untuk membelinya. Jadikan E-book relevan dan bermanfaat. 

Meskipun menambah kerjaan, buku ini akan sangat membantu menetapkan Anda sebagai pemimpin pemikiran juga.

21. Pastikan Anda berbagi semua penjualan, penawaran, e-book, dan lain-lainnya. Di akun-akun media sosial Anda. Kemudian bagikan lagi pada hari berikutnya atau minggu atau bulan, secara teratur.

22. Buat video YouTube yang memberikan informasi relevan tentang subjek Anda yang terkait dengan bisnis Anda. Selalu sertakan tautan dalam deskripsi video dan tautan di video itu sendiri.

23. Cantumkan bisnis Anda di laman Google My Business sehingga Anda dapat memperoleh ulasan yang menyenangkan dari raksasa Google.

24. Posting ke grup LinkedIn. Jawab pertanyaan orang lain dan cobalah bantu orang-orang. Kemudian masukkan tautan balik (backlink) ke situs atau blog Anda sesekali.

25. Buat grup LinkedIn sendiri. Buat grup itu relevan dengan bisnis Anda. Jika bisnis Anda adalah bisnis lokal, maka targetkan ke pasar lokal Anda dengan memasukkan nama negara bagian atau kota Anda dalam judul grup.

26. Bergabunglah dengan grup Facebook atau anda bisa buat sendiri. Tawarkan saran yang tepat waktu dan relevan dalam suasana atau gaya yang ramah dan santai. 

Anda mungkin juga ingin berbagi meme-meme lucu, dan lain sebagainya, karena pengguna Facebook sangat menyukai hal semacam itu.

27. Buat presentasi di Slideshare yang memiliki tautan kembali ke situs Anda. Tambahkan Slideshare ke halaman LinkedIn pribadi Anda atau situs media sosial lainnya.

28. Jika Anda memiliki lokasi fisik. pastikan untuk memasang tanda-tanda ke situs web Anda dan mempromosikan manfaat dari pergi ke situs web seperti penawaran atau kupon khusus.

29. Dapatkan blogger atau penulis lain untuk menulis posting tamu di blog atau situs web Anda. Cobalah untuk menjangkau mereka. Anda mungkin memulai blog dengan visibilitas rendah dan kemudian bekerja sama dengan cara Anda untuk bergabung dalam komunitas. 

Para blogger tamu memiliki kesempatan yang layak untuk mempromosikan posting blog mereka ke pengikut mereka di media sosial dan juga blog-blog mereka yang lain.

30. Adakan kontes di mana Anda memberikan produk atau sertifikat atau kartu discount bagi yang memposting di situs web mereka. Seperti contohnya kontes SEO terbaik tentang bidang atau niche Anda yang relevan.

31. Coba lakukan promosi silang produk atau situs web dengan seseorang yang sama dengan Anda. Mungkin melalui newsletter atau penawaran produk atau layanan bersama.

32. Lihatlah apa yang dilakukan pesaing Anda dan catat. Anda dapat menggunakan alat seperti Moz 'Open Site Explorer" atau menggunakan Google untuk mencari url situs web pesaing Anda untuk melihat di mana Anda mendapatkan tautan.

33. Komentar di posting blog situs lain. Cobalah untuk membuat komentar yang relevan dan sertakan tautan kembali ke situs Anda ketika Anda memiliki artikel serupa atau materi terkait.

34. Buat situs web blogging kedua atau gunakan WordPress.org atau Blogger dan sertakan tautan ke situs utama Anda di beberapa halaman. Yang ini bisa menambah banyak pekerjaan untuk Anda, akan tetapi Anda juga dapat menggunakan pos tamu untuk memudahkan pemuatan publikasi dari Anda.

35. Mendaftar di Help a Reporter Out. Jika Anda dihubungi, jadilah orang yang membantu. Jika Anda disebutkan dalam cerita maka itu dapat membuat jumlah lalu lintas yang signifikan untuk situs web Anda.

36. Cari ringkasan blog yang menerbitkan artikel terbaik minggu ini di bidang Anda atau bidang bisnis Anda. Buat mereka artikel. Ini dapat mempermudah pekerjaan mereka dan mereka mungkin melihat ke situs Anda di masa depan untuk lebih banyak artikel.

37. Ajukan pertanyaan di posting blog Anda untuk membuat orang lain berbagi ide serupa dengan yang ada di pos Anda. Anda mungkin ingin menghubungi orang-orang ini di masa depan untuk menulis posting blog untuk Anda.

38. Pastikan untuk menambahkan tautan ke artikel Anda yang lain di pos Anda (internal link). Dengan cara ini, orang-orang yang mengikuti pembagian sosial atau tweet Anda akan tetap berada di situs Anda lebih lama dan menemukan informasi lain yang mungkin ingin mereka tweet atau bagikan.

39. Tanyakan kepada blogger lain atau pemilik situs web apa yang mereka temukan sebagai cara terbaik untuk menghasilkan traffic dan backlink. Anda mungkin tidak ingin menanyakan pesaing Anda tetapi orang-orang di bidang terkait mungkin bersedia membantu.

40. Cobalah untuk terdaftar di Google News. Lihatlah aturan mereka dan bagaimana mereka mengharuskan Anda untuk menyusun posting Anda agar terdaftar. Setelah terdaftar, Anda dapat melihat banyak calon pengunjung baru.

41. Singkat URL Situs Web atau Blog Anda. Mungkin situs web Anda memiliki url yang panjang. Jika demikian maka buatlah short url dengan google sort url atau juga dengan bit ly dan yang lainnya, untuk menyingkat halaman situs web Anda, agar mudah diingat untuk diberikan ke radio atau di podcast sehingga orang lebih mungkin mengingatnya dan mengunjungi blog Anda.

42. Posting ke Reddit dan situs sejenis. Bantu dalam posting Anda dan pastikan tautan apa pun yang Anda posting relevan untuk menjawab pertanyaan orang lain atau redditor akan memanggang Anda hidup-hidup karena menjadi spam.

43. Lakukan AMA Reddit untuk bidang keahlian Anda. Cari subreddit yang tepat untuk memposting. Terkadang ini bisa menjadi hit dan kadang bisa juga Anda menemukan bahwa anda mengajukan sebuah pertanyaan yang tidak pantas.

44. Berikan produk atau layanan Anda ke blogger atau situs web lain dan lihat apakah mereka akan melakukan peninjauan produk atau layanan Anda. Pastikan Anda memiliki produk yang bagus atau pendekatan ini dapat menjadi bumerang. Pastikan untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda karena itulah yang diharapkan.

45. Lakukan uji coba gratis dari layanan lain yang dapat membantu bisnis Anda. Beberapa situs yang dapat membantu Anda adalah Hootsuite atau Moz dengan uji coba gratis 1 bulan mereka. 

Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dalam tur gratis atau 1 dari 1 sesi. Ingat, itu gratis dan Anda tidak perlu membeli. 

Cobalah juga mendapatkan layanan gratis selama sebulan dari agen SEO, tempat mereka memberikan Anda rencana aksi terperinci untuk mendapatkan peringkat situs web Anda di Google. Kemudian Anda memiliki rencana aksi gratis untuk lakukan.

46. Telusuri web dengan kata kunci "cara agar blog banyak pengunjung secara gratis". Ada banyak artikel bagus di luar sana yang dapat membantu dan Anda dapat menemukan banyak ide inovatif.

47. Buat kursus untuk situs seperti Udemy. Kursus ini akan membantu menetapkan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Pastikan untuk mengeluarkan penawaran kupon untuk kursus untuk mencoba mendorong lebih banyak orang untuk mendaftar.

48. Gunakan agregator blog untuk menempatkan konten Anda di depan lebih banyak orang. Agregator populer adalah Alltop, Blogarama, dan Blogrific. Ada banyak orang lain yang harus Anda periksa juga. Juga taruh tautan kembali (backlink) ke situs Anda di artikel Anda sehingga orang dapat dengan mudah memeriksa situs web Anda.

49. Cobalah untuk mewawancarai orang lain untuk situs web Anda. Cukup hubungi dan lihat apakah mereka tertarik. Lakukan kebalikannya juga. Cobalah untuk melihat apakah ada situs web lain yang ingin mewawancarai Anda.

50. Minta teman Anda untuk mempromosikan situs web atau blog Anda di akun Facebook, LinkedIn, Google+, Twitter mereka atau bisa juga dengan hanya dari mulut ke mulut. Jika mereka bersedia merekomendasikan Anda, itu bisa menjadi cara klasik untuk membuat orang lain membeli produk dan berkunjung ke situs web Anda.

51. Menyelenggarakan webinar. Orang suka menonton hal-hal ini daripada membaca materi yang sama di postingan blog. Rekam webinar Anda dan posting di Youtube dan situs web Anda sendiri. 

Jangan mencoba menjual barang di webinar pertama Anda dan sediakan sebanyak mungkin informasi yang berguna. Penonton dapat mengajukan pertanyaan yang membantu Anda memikirkan ide-ide baru.

51 tip dan trik berupa ide-ide tentang cara mendapatkan lalu lintas atau trafik kedalam situs web atau blog diatas dapat membantu Anda dan juga membuat Anda berpikir dan menjadi blogger yang lebih kreatif lagi agar bisa Anda kembangkan dengan teknik dan trik anda sendiri. 

Namun, jika 51 cara mendapatkan trafik blog dan web secara gratis diatas menurut anda masih kurang, dan Anda memiliki lebih banyak ide lainnya lagi, tinggalkan komentar Anda di bawah karena memberikan informasi yang berguna bagi pembaca adalah salah satu teknik SEO yang paling handal dan terbaik yang pernah ada. 

berbagai sumber

0 Response to "51 Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Secara GRATIS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel